Cara Pasang Power Supply CCTV yang Baik dan Benar Model Jaring

RR-System.com - Memasang power supply cctv yang baik dan benar adalah hal yang wajib dilakukan ketika instalasi / pemasangan cctv, Karena pada dasarnya power supply merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemasangan cctv di karenakan power supply merupakan sumber arus listrik yang di butuhkan oleh kamera cctv.

Mungkin masih ada beberapa orang yang tidak menggunakan power supply ketika pemasangan cctv akan tetapi lebih memilih jenis adaptor untuk sumber daya listrik kameranya dan itu tidak masalah, akan tetapi kekurangan menggunakan adaptor sebagai sumber arus listrik untuk kamera cctv yaitu akan lebih banyak memakan tempat colokan (Terminal) dan secara kasat mata pun akan terlihat tidak rapih pemasangan nya, akan tetapi semua keputusan kembali kepada anda masing-masing, apakah ingin menggunakan power supply atau adaptor untuk sumber arus listrik kamera cctv anda.



Sebelum masuk kepembahasan, perlu anda ketahui bahwa power supply cctv memliki banyak jenis tetapi yang umum digunakan yaitu model jaring dan model box, dan power supply sendiri baik model jaring dan model box memilik beberapa kapasitas yang anda harus ketahui agar sesuai dengan kebutuhan anda, dan berikut ini beberapa kapasitas yang power supply yang banyak digunakan dalam pemasangan cctv :

1. POWER SUPPLY 5 AMPERE 12 VOLT 
Power Supply 5A 12V sering digunakan untuk pemasangan cctv 4 kamera tidak boleh lebih jika lebih  dari 4 kamera maka hasilnya tidak akan maksimal dan penarikan kabel maksimal 50 meter untuk masing-masing kamera.

2. POWER SUPPLY 10 AMPERE 12 VOLT
Power Supply 10A 12V sering digunakan untuk pemasangan cctv 4 kamera atau 8 kamera jika untuk 4 kamera bisa untuk penarikan kabel panjang sampai 100 meter setiap kamera cctv jika untuk 8 kamera penarikan kabel 50-60 meter setiap kamera.

3. POWER SUPPLY 20 AMPERE 12 VOLT
Power Supply 20A 12V digunakan untuk pemasangan cctv 8 atau 16 kamera jika untuk 8 kamera bisa untuk penarikan kabel panjang sampai 100-120 meter setiap kamera cctv dan jika untuk 16 kamera penarikan kabel 80-90 meter setiap kamera.

4. POWER SUPPLY 30 AMPERE 12 VOLT
Power Supply 30A 12V digunakan untuk pemasangan cctv 16 atau 32 kamera jika untuk 16 kamera bisa untuk penarikan kabel panjang sampai 100-120 meter setiap kamera cctv dan jika untuk 32 kamera penarikan kabel 80-90 meter setiap kamera.

Baiklah itu tadi beberapa kapasitas power supply yang harus anda ketahui sebelum melakukan pembelian power supply cctv, dan berikut ini akan saya jelaskan Cara Pasang Power Supply Cctv Yang Baik Dan Benar dan untuk contoh yang saya buat ini adalah power supply dengan kapasitas 5 Ampere 12 Volt untuk kapsitas yang lebih besar, bisa anda sesuaikan dengan cara yang akan saya bagikan ini :



Keterangan :

Pada nomor 1 merupakan DC power input L/N dari listrik PLN nantinya pada panel ini silahkan anda buat kabel panjang kurang lebih 1 meter kemudian kupas ujung kabel dan pasang pada posisi L/N untuk posisi + atau - bebas (karna pada prinsip dasar arus listrik PLN adalah aliran berputar jadi + dan - itu bebas tidak ada berpatokan pada warna kabel juga) dan setelah anda pasang kabel pada power supply nanti ujung satunya silahkan pasang kepala colokan yang nanti nya akan anda pasang pada terminal atau colokan listrik.

Pada nomor 2 ini bisa anda pasang atau tidak sesuai keinginan kalian ini hanya sebatas untuk kabel Ground saja, kalau saya pribadi tidak perlu saya pasang, Tapi jika anda rasa penting untuk memasang grounding, silahkan anda pasang dan ujung kabel silahkan anda tancapkan ke tanah atau ke dinding.

Untuk nomor 3 dan 4 ini adalah panel yang nantinya akan kita hubungkan denga kamera cctv, bisanya kita menggunakan kabel RG59+power jadi sudah ada kabel power sendiri selain kabel video dan nantinya kabel power itu yang salah satu ujungnya akan kita pasang ke power supply yaitu ujung yang ada di dekat DVR cctv, silahkan anda kupas kabel power yang ada dikabel cctv yang anda beli nanti akan ada kabel warna merah dan biru atau ada juga yang berwarna merah dan hitam, jadi biru dan hitam itu sama aja itu untuk DC minus nya. silahkan anda pasang DC minus ke port minus/masa dan yang Plus/api silahkan masukan ke port DC Plus/api.

Sedikti tambahan jika jumlah kabel dari beberpa cctv ada banyak silahkan gabungkan kabel-kabel nya tidak apa-apa, seperti gambar di atas port minus/masa ada 2 port dan plus/api ada 2 port sedangkan anda memasang 8 kamera cctv pasti nanti akan ada 8 kebel minus/masa dan 8 kabel plus/api, silahkan anda bagi untuk minus/masa menjadi 2 yaitu 4 kabel minus/masa pasang di port minus yang pertama dan 4 kabel minus/masa pasang di port kedua, begitu juga dengan kabel plus/apinya terapakan cara yang sama.

Nah itu tadi Cara Pasang Power Supply Cctv Yang Baik Dan Benar Model Jaring yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang ingin anda tanya silahkan bertanya melalui form contact disini, Terimakasih

7 Komentar

  1. Pada keterangan No1 disebutkan pasang pada posisiL/N atau +/- BEBAS. Pertanyaan saya kata bebas tsb apakah boleh terbalik yah ? Dalam arti bila kabel warna merah di pasangkan ke L tapi saat di tancapkan di stop kontak justru kabel hitam yg nancap di N malah terhubung dgn lubang stop kontak yg ada listriknya.

    Apakah boleh terbalik ? Terim kasih sebelumnya. Salam - Rudy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Pertanyaan Yang Sangat Bagus...!
      Boleh, Pada Port L/N (DC Input dari Listrik Ke Power Supply) Boleh di Bolak Balik Kondisi (+/-) nya, Yang Tidak Boleh Terbalik (+/-) nya, Hanya Pada Bagian DC Outputnya.

      Terimaksih Sudah Berkomentar, Jika Ada Pertanyaan Lain, Boleh di Tanyakan Juga ya...!

      Hapus
    2. terima kasih untuk fast replynya pak, sehat dan sukses selalu.

      Hapus
  2. Terima kasih informasinya. Sangat membantu sekali

    BalasHapus
  3. Terimakasih Kembali Pak Hardy, Sudah Berkunjung Ke Blog Sederhana Saya, Saya Senang Jika Artikel nya Bisa Bermanfaat Pak..

    BalasHapus
  4. Pak. Itu saya pasang pwr supply. L/N bebas. Tetapi meledak. Posisi sdh sy colok merah ke positif dan hitam negatif kamra cctv nya. Apa pengaruh kekamra ny rusak juga kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkomentar, Sepertinya power supply yang anda pasang sudah rusak dari bawaan nya, makanya bisa meledak meskipun anda sudah mengikuti panduan tutorial diatas, Saran saya silahkan anda komplainkan produk power supply yang anda beli ke penjualnya, Sedikit info dari saya untuk saat ini kebanyakan power supply yang sering meledak dan berasap itu power supply 20a baik yang box ataupun yang tanpa box.

      Hapus

Ayo Berkomentar, Bersama-sama Kita Berdiskusi dan Mencari Solusi.